Posted in Koreksi Kontur Wajah, Operasi Dua Rahang

[Real Story] Operasi Dua Rahang & Operasi Kontur Wajah Korea

sebelum dan sesudah operasi kontur wajah & operasi dua rahang Korea
23 tahun aku hidup dengan dagu menonjol

 

 

Hallo, senang bertemu dengan Anda!

Sebelum operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea
Sebelum operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea

 

Selama 23 tahun aku hidup dengan dagu menonjol, kini dalam beberapa hari ke depan aku bisa bebas dari kekompleksan wajahku ini. Kondisi maloklusi gigiku menyebabkan ketidaknyamanan dalam beberapa hal. Wajahku juga asimetris, tidak seimbang kanan-kiri. Selain itu, aku malu dan hampir tidak pernah tersenyum lepas. Aku sulit untuk bersosialisasi. Aku ingin bisa tersenyum dan tertawa lepas, bisa bertemu dengan orang-orang dengan bahagia tanpa beban. Dan yang paling penting, aku ingin terlepas dari gangguan TMJ (Temporomandibular joint) yang menyebabkan rasa nyeri di wajah, daerah rahang, leher bahkan bahuku. Rasa nyeri itu juga terjadi saat aku mengunyah makanan, saat berbicara. Untungnya rasa nyeri itu tidak aku alami saat aku membuka mulutku lebar-lebar namun sekalinya rahangku terpeleset (displacement) maka ada bunyi sendi saat kembali ke posisi asal.

Aku juga ingin segera lepas dari gangguan pencernaan dan gejala refluks asam. Hal ini terjadi karena aku terbiasa tidak mengunyah makanan dengan maksimal dan hampir 3x seminggu aku mengalami gejala refluks asam yang sungguh membuatku menderita.

 

 

sebelum operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea 02
Sebelum operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea

 

 

3 hari sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea
3 hari sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea

 

Akhirnya hari H, hari dimana aku melakukan operasi dua rahang, operasi kontur wajah meliputi operasi reduksi rahang persegi, reduksi tulang pipi, dan reduksi dagu depan. Baca juga: Pentingnya Keharmonisan Tulang Wajah Dalam Operasi Dua Rahang

Di hari H aku sebenarnya tidak terlalu takut, tidak deg-degan sama sekali. Ada 6 orang perawat di dalam ruangan operasi dan berikutnya aku tak ingat sama sekali. Seperti  5 menit mimpi rasanya, saat aku terbangun, semua operasi sudah selesai. Suntik anti nyeri membuatku tidak terlalu merasakan nyeri.

24 jam setelah operasi aku mendapatkan perawatan pasca operasi bersama dengan 4 orang wanita yang lain. Wajah mereka benar-benar bengkak sementara untungnya wajahku tidak terlalu bengkak. Saat aku melihat cermin, aku bisa melihat wajah bergaris V. Daguku yang menonjol kini menjadi kecil dan masuk ke dalam. Awalnya aku juga khawatir dengan pipiku yang kempot, tapi dokter juga telah mengkoreksinya sekaligus. Hanya bercermin saja membuatku amat bahagia. Tak sabar aku menanti sampai bengkakku semua hilang.

Hari kedua setelah operasi hidungku mulai mampet. Aku berkonsultasi dengan dokter yang kemudian membersihkan hidungku dan menyemprotkan Otrabin dan seketika itu juga hidungku menjadi nyaman sekali.

Hari ketiga kantong darahku diambil. Bengkak sedikit demi sedikit hilang dan aku bisa melihat garis wajahku yang baru.

 

 

7 hari sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea
4-6 hari sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea

 

 

 

Pada hari dimana aku keluar dari rumah sakit, aku sulit berjalan. Bahkan dalam waktu 1-2 menit saja, aku sudah ngos-ngosan. Aku tidak bisa bernafas melalui mulut, hidungku juga mampet, meskipun demikian aku tidak bisa menyemprotkan Otrabin terus-menerus. Akhirnya aku memakai cara lain yang diajarkan oleh perawat, yaitu menggunakan kapas yang dibasahi dengan air untuk membersihkan hidung. Cara ini juga bekerja dengan baik.

3-4 hari sesudah aku keluar dari rumah sakit, semuanya menjadi lebih nyaman. Aku bisa berjalan, bernafas dan beraktivitas jauh lebih nyaman. Pada awalnya aku hanya bisa makan makanan cair sedikit saja namun kini aku sudah bisa makan 2-3 kali lebih banyak. Aku pergi ke rumah sakit untuk check-up. Aku berharap setelah mendapatkan perawatan ini, bagian dalam mulutku bisa menjadi lebih nyaman.

 

7 hari sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea 02
7 hari sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea

 

7 hari sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea. Kini setiap pagi setelah bangun tidur aku langsung melihat kaca. Suatu hal yang tak pernah aku lakukan selama 23 tahun aku hidup. Aku sangat puas dengan perubahanku. Aku ingin memberi semangat dan menyarankan kepada kalian yang menderita sepertiku, dengan keadaan dagu menonjol, maloklusi, plus wajah asimetris, pergilah ke rumah sakit ASAP! Sooner the better~~~~

 

 

14 hari sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea
8 hari sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea

 

 

 

Aku sangat bahagia akhir-akhir ini. Sekarang aku sudah bebas dari hidung mampet atau ketidaknyamanan yang lain-lainnya. Terkadang di pagi atau malam hari, aku merasa ada sesuatu di dalam mulutku yang tertarik namun aku tidak merasa terganggu sama sekali. Aku pergi ke rumah sakit lagi untuk check up dan dokter terkaget-kaget melihat betapa cepatnya proses pemulihanku. Kata dokter, keadaanku seperti 1 bulan sesudah operasi!

Memang di hari ke-8 sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea aku sudah tidak memakai masker, artinya memang bengkaku sudah hampir tidak terlihat lagi. Di hari ke-8, aku pergi ke rumah sakit untuk sterilisasi bekas luka dan mencabut benang di dalam mulut. 2 karet yang dipasang di gigiku juga diambil dan tersisa 2 biji lagi. Ini membantuku bernafas lebih mudah melalui mulut. Kini aku juga sudah bisa berkata-kata meskipun masih terbata-bata.

 

 

14 hari sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea 02
14 hari sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea

 

 

Sekarang aku sudah bisa membuka mulutku selebar dua jari tangan. Memang dibanding orang lain, proses pemulihanku jauh lebih cepat. Kini aku bahkan sudah bisa makan mie dengan nikmat. Aku pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan nyeri dan bengkak yang pertama di bagian leher dan rahang dan yang kedua aku mendapatkan suntikan kontur wajah sebanyak 6 kali. Tidak sakit sama sekali hanya terasa seperti sengatan. Setelah mendapatkan perawatan nyeri dan bengkak, aku mencoba membandingkan fotoku yang sekarang dan fotoku seminggu lalu. Hasilnya memang terlihat perbedaanya, kini wajahku terlihat lebih alami, kontur wajahku juga hidup, dan tentu saja lebih baik. Kini aku jauh lebih percaya diri.

 

14 hari sesudah operasi dua rahang &operasi kontur wajah Korea 03
14 hari sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea

 

 

30 hari sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea
30 hari sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea

 

 

Sebulan sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea. Aku masih memakai wafer sehingga lafal pengucapanku masih belum jelas namun aku merasa tidak terlalu terganggu. Teman-teman yang sudah lama tidak bertemu kaget dan bahkan sampai tidak mengenaliku. Hahaha ^^

 

Hari ini aku pergi ke rumah sakit untuk melepas wafer. Ada 8 pin di rahangku dan sekarang sudah dilepas semuanya. Sekarang aku pergi ke spesialis kawat gigi di dalam rumah sakit. Dokter mengatakan aku harus memasang kawat gigi selama 1 tahun, padahal dulu aku sudah memakai kawat gigi selama 9 tahun dan sekarang masih harus memakai kawat gigi lagi selama 1 tahun lagi. ㅠ.ㅠ

 

2 bulan sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea
2 bulan sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea

 

 

Dua bulan sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea. Sekarang aku sudah seperti orang biasa, wajah dan kontur wajahku juga sudah seperti milikku sendiri dari awal.

 

 

2 bulan sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea 02
2 bulan sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea

 

 

Aku mulai memakai kawat gigi. Setelah wafer dilepas, sebenarnya ada maloklusi di gigiku. Seperti yang bisa dilihat dari foto, gigi bagian kiriku tidak rata. Kalau aku menutup mulut, hanya satu gigi geraham kanan atas bawah saja yang saling menyentuh, sementara gigi yang lainnya seperti mengambang sehingga aku kesulitan untuk mengunyah makanan apalagi mie, sama sekali tidak bisa mengunyahnya. Sampai sekarang, aku masih merasa kesulitan untuk makan.

 

 

3 bulan sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea
3 bulan sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea

 

 

Sekarang sudah memasuki 3 bulan, aku jauh lebih percaya diri. Aku bisa tertawa lepas, secara alami! Aku amat senang!

 

 

3 bulan sesudah operasi dua rahang &operasi kontur wajah Korea 02
3 bulan sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea

 

 

Kalau ditanya apa hal yang masih membuatku tidak nyaman 3 bulan sesudah operasi dua rahang & operasi kontur wajah Korea, aku ingin menjawab: LAFAL PENGUCAPANku. Memang dibanding yang lalu sekarang lafal pengucapanku jauh lebih baik namun terkadang saat aku sedang berbicara, tiba-tiba pelafalanku tidak jelas. Lalu meksipun sekarang aku masih memakai kawat gigi, keadaannya masih sama dengan 1 bulan yang lalu. Gigi-gigi bagian kanan saja yang bisa saling mengatup sementara gigi-gigi bagian kiri tetap saja mengambang. Dokter mengatakan hal ini akan menjadi normal seiring dengan berjalannya waktu. Sekali lagi, waktu adalah jawabannya! ^^

 

 

bulan ke-4: Operasi plastik hidung Korea
Bulan ke-4: Operasi plastik hidung Korea

 

 

Bulan ke-4 aku memutuskan untuk melakukan operasi plastik hidung Korea.

 

Setelah operasi plastik hidung Korea
Operasi plastik hidung Korea

 

Singkat saja mengenai operasi plastik hidung Koreaku. Aku kira setelah melakukan operasi dua rahang, tulang rawan septumku akan banyak berkurang. Ternyata masih cukup untuk digunakan membentuk hidungku. Hidungku juga terlihat sempurna. Aku memakai implan silikon sepanjang 4mm, lubang hidungku juga dikecilkan!

Sekian kisah nyata operasi plastikku di Wonjin Plastic Surgery. Semoga membantu ^^

Baca juga Kisah Nyata Operasi Dua Rahang Korea Yang Lain

 

 

 

 

 

Untuk Konsultasi, Reservasi dan Informasi Harga silakan kunjungi website resmi kami

reservation wonjin

atau silakan hubungi facebook http://www.facebook.com/wonjin.id

PIN BBM: 56003578

Leave a Reply

